PB IPMR MENGKRITIK PELAYANAN PIHAK PUSKESMAS DI KECAMATAN RAMPI

PB IPMR MENGKRITIK PELAYANAN PIHAK PUSKESMAS DI KECAMATAN RAMPI

LUTRA, ACTANEWS.CO.ID - Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) mengatur tentang pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya Kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya Kesehatan perseorangan (UKP) Tingkat pertama.

Pelayanan yang ada di Kec. Rampi itu tidak maksimal Tindakan yang dilakukan di anggap adalah sebuah pembiaran. Upaya kesehatan dan pelayanan musti mereka junjung tinggi karna ini mengingat keselamatan terhadap pasien secara umum masyarakat rampi. Bahwa di Puskesmas harus bekerja sesuai standar profesi, standar pelayanan, standar prosedur operasional, etika profesi, dan menghormati hak pasien. Namun pada kenyataannya yang ada itu menjadi pertanyaan besar terhadap penanganan pelayanan pasien yang ada di Kec. Rampi.

Ketua umum IPMR Kevin Lempoi menyayangkan kinerja kepala puskesmas (KAPUS) Kec. Rampi menganggap lalai terhadap tugas dan tupoksinya yang seharusnya mengawasi pelaksanaan tugas bawahannya dengan pelayanan puskesmas yang ada di Kec. Rampi.

"Ini menimbulkan suatu pertanyaan besar terhadap pelayanan puskesmas yang ada di Kec. Rampi terkhususnya masyarakat desa Rampi Tindakan ini dianggap adalah sala satu pembiaran terhadap pasien warga masyarakat desa Bangko, pihak keluarga mengharapkan kehadiran dokter dalam hal ini turun langsung untuk menangani pasien karna kondisi pasien pada saat itu suda sangat memprihatinkan dan membutuhkan penanganan cepat, tetapi pada kenyataan ini. kesannya panggilan dari pihak keluarga di abaikan begitu saja oleh pihak puskesmas," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kejadian ini menjadi bahan evaluasi kepada pihak puskesmas Rampi agar kejadian serupa ini tidak terulang lagi kedepannya. Ujarnya ketua umum ipmr kevin lempoi

Hal senada juga disebutkan oleh wakil ketua IPMR Falen kaho juga mempertanyakan soal pelayanan puskesmas yang ada di Kec. Rampi. Melihat apa yang terjadi terhadap pasien, warga masyarakat Desa Rampi yang kesannya diabaikan, nanti ada kunjungan dari pihak puskesmas, kondisi pasien yang berasal dari desa rampi sudah di tandu menuju puskesmas kecamatan Rampi yang ada di desa sulaku. Sementara perjalanan pasien diistirahatkan di rumah keluarga yang ada di desa dodolo. di situlah baru ada dokter hadir melihat kondisi pasien.

"Sebenarnya kehadiran dokter lebih diharapkan pada saat pasien warga masyarakat desa rampi masi ada di desa rampi, Tindakan dan pelayanan puskesmas Rampi Kami anggap adalah sebuah pembiaran terhadap pasien yang berasal dari desa Rampi," tegasnya wakil ketua IPMR Fallen Kaho.

Tokoh Pemuda Yusran Kaho juga mengritik kinerja Kepala Tata Usaha Puskesmas (KTU) yang ada di kecamatan rampi.

"Tidak adanya penanganan cepat secara teknis. dari pihak tenaga medis yang bertugas di desa Rampi sudah mengupayakan penanganan yang maksimal terhadap pasien, tetapi karnah keterbatasan fasilitas menjadi kendalah utama tenaga medis yang bertugas. pihak keluarga kemudian melakukan pemberitahuan kepihak puskesmas dua kali berturut turut, untuk melihat langsung kondisi pasien tetapi adanya pemberitahuan ini tidak ada respon dari puskesmas nanti ada Tindakan medis pasien sudah di tandu ke puskesmas yang bertempat di desa sulaku Kec. Rampi," tutupnya Yusran Kaho. (RA)

Leave a Reply

Cancel Reply

Your email address will not be published.

Ikuti kami

VOTE UNTUK KAMI

vote-image

Apakah anda menyukai actanews ???

99%
0%
0%

Kategori Teratas

Komentar Terbaru

  • user by Anonymous

    Dari cara tulis artikel ini aja udah nyudutin org puskesmasnya, seakan-akan nakes puskesmas yg kerjanya ngga becus. Jelas-jelas dari penjelasan si mbak di atas nakesnya udah sesuai SOP. Kalo mau nulis, tambahin lah kritik pemerintah 1 puskes megang banyak desa, fasilitas sarpras ngga memadai. Selain itu, kalau masih ada keluarga pasien nolak rujuk tapi ngga mau ttd informed consent, artinya BPJS pun kurang terkait edukasi ke pemegang premi tentang alur rujukan plus hak & kewajiban sebagai pasien. Artikel ini bagus karena menaikan isu vital ketimpangan layanan kesehatan di perifer, namun sayangnya menitikberatkan permasalahan bukan ke akarnya. Semangat nomor satu, Puskesmas Rampi. I stand with you guys. Salam dari UK

    quoto
  • user by ADMIN ACTANEWS

    Terima kasih atas tanggapan yang telah disampaikan. Kami menghargai pengakuan atas kritik yang kami berikan dan mohon maaf jika ada ketidaknyamanan. Kami memahami bahwa tim medis menghadapi banyak tantangan dan kami menghormati upaya yang telah dilakukan. Namun, harapan kami adalah agar pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan lebih lanjut, terutama dalam hal respons terhadap kebutuhan masyarakat. Kami juga setuju bahwa pendidikan dan pengembangan tenaga kesehatan lokal sangat penting. Dengan kolaborasi yang baik antara puskesmas dan masyarakat, kami yakin pelayanan kesehatan di Kecamatan Rampi dapat diperbaiki. Mari kita terus berdialog demi kebaikan bersama.

    quoto
  • user by ADMIN ACTANEWS

    Terima kasih atas informasi yang telah disampaikan. Saya sangat menghargai kepedulian kalian terhadap masalah ini. Pelayanan kesehatan yang baik adalah hak semua masyarakat, dan situasi ini jelas perlu perhatian serius. Mari kita dorong pihak berwenang untuk segera melakukan evaluasi dan memperbaiki sistem agar kejadian serupa tidak terulang. Suara masyarakat sangat penting dalam menciptakan perubahan.

    quoto

Harap Terima Untuk Performa Informasi Lebih Baik